Sejarah Android Dari Awal Hingga Sekarang


Hallo selamat malam teman-teman pada artikel kali ini saya tidak membuat tutorial saya akan menceritakan sejarah android dari awal rilis hingga sekarang jadi jika android akan rilis versi P  dan seterusnya maka saya akan update potingan ini oke :v

1. Android Alpha   
  • Android alpha ini adalah android pertama ciptaan google yang dirilis pada bulan november tahun 2007 yang dimana aplikasi bawaan dari google hanya : Browser, gmail, maps, dan youtube dan nama android adalah android 1.0
2. Android Beta
  • android beta adalah update-an dari android sebelumnya dan ditambahkan beberapa fungsi tambahan seperti API ( Application Progamming Interface ), dan juga mendukung lampiran MMS. android beta dirilis tepat pada tanggal 5 november 2007 sedangkan Software development kit ( SDK ) dirilis pada tanggal 12 november 2007.
3. Android Cupcake 
  • Cupcake ini adalah versi ke-2 dari android yang dimana ditambahkan lagi fitur baru serta API kerangka kerja yang diperbarui serta ada perubahan UI. Cupcake dirilis pada tanggal 20 april 2009.
4. Android Donut
  • Dalam versi android ini google menambahkan dukungan jaringan CDMA/EVDO serta dukungan layar WVGA dan penambahan fitur suara sintesis yang memungkinkan aplikasi dapat mengucapkan suatu teks.
5. Android Eclair
  • Muncul dengan nama panggilan yang lebih banyak fitur-fitur baru seperti bluetooth versi 2.1, wallpaper hidup, dukungan HTML 5, kemampuan mencari sms dan mms, dukungan flash, zoom digital serta fitur-fitur kamera lainnya.
6. Android Froyo
  • Android froyo disuguhkan lagi dengan fitur-fitur baru seperti tethering hotspot, wifi, adobe flash, dan juga peningkatan kecepatan dan kinerja dalam pengoperasian aplikasi.
7. Android Gingerbread
  • Ditambahkan lagi tampilan baru dan juga fitur-fitur baru seperti sensor, kamera depan dan belakang, keyboard virtual, saran teks yang lebih baik, kemampuan input suara serta kemampuan copy paste. Btw ini versi android yang pertama kali ane pake di hp LG optimus :v oke oke lanjut jangan curhat.
8. Android Honeycomb 
  • Android honeycomb dirancang untuk pengguna tablet yang berarti perangkat tersebut memiliki resolusi yang besar dan layar beranda dioptimalkan, tab diperkenalkan browsing mode penyamaran dan obrolan video & Gtalk didukung.
9. Android Ice Cream Sandwich
  • Ice cream sandwich hadir di tahun 2011 membawa UI baru, versi terbaru ini memberikan kemudahan bagi si pengguna dengan fitur menutup aplikasi, tata letak galeri serta editor foto.
10. Android Jelly Bean
  • Di versi ini pihak google membuat sistem operasi ini jauh lebih responsif dibandingkan versi terdahulunya dan juga di versi ini UI yang lebih halus.
11. Android Kitkat
  • Kitkat hadir di sekitar tahun 2013 silam dengan fitur API Level 19 dan memiliki pembaruan UI, status bar, navigasi transparan pada layar depan, webviews berbasis chromium dan peningkatan tampilan pada layar penuh.
12. Android Lolipop
  • Lolipop android versi 5.0, 5.1.1 hadir dengan peningkatan ram, manajemen baterai, UI yang dinamakan material design, selain itu versi ini memiliki fitur " factory reset protection " sehingga jika smartphone kamu hilang, hp anda tidak akan bisa direset ulang tanpa memasukan Id google dan passwordnya.
13. Android Marshmallow 
  • Android ini dirilis pada tahun 2016 silam dengan fitur emoji terbaru, 72 tampilan jendela ditambahkan, Baterai dengan mode penghemat data, Now on tap, pengaturan privasi yang lebih baik, lebih mudah untuk upgrade ponsel, sensor fingerprint ( sidik jari ), dan dibangun di pesan suara visual.
14. Android Nougat
  • Nougat dirilis pada tahun 2016 silam dengan fitur emoji terbaru, 72 tampilan jendela ditambahkan selebihnya sama seperti fitur di android marshmallow.
15. Android Oreo
  • Android oreo pertama kali dirilis pada tanggal 21 maret tahun 2017. android ini disuguhkan fitur baru yang membuat ponsel lebih cepat, pintar, dan powerfull dibandingkan versi android sebelumnya. Beberapa fitur unggulannya adalah background limit, google play protect, emoji terbaru, dan picture in picture.
Seperti itulah sejarah android dari awal hingga sekarang pihak google pasti akan terus mengembangkan android hingga versi tersebut akan jauh lebih bagus dibandingkan versi saat ini

Nah sekian artikel mengenai sejarah android ini dan jangan lupa jika kalian punya saran, kritik, dan pertanyaan kalian bisa berkomentar dibawah atau hubungi saya. Dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.