5 Alasan Mengapa Kamu Harus Beralih Ke Keyboard Mechanical.



Keyboard Mechanical adalah sebuah keyboard yang tombol nya menggunakan switch atau sejenis per. Switch mechanical ini ada yang blue switch, red switch, brown switch, dan lain lain. Feel dari setiap switch ini sangatlah berbeda misalnya kamu lebih senang keyboard yang berisik, clicky maka pilihlah blue switch, dan jika senangnya linear maka pilihlah red switch. Berbeda pada keyboard umum nya yang tombolnya hanya menggunakan rubber terbuat dari karet. Oleh karena itu inilah 5 alasan kamu harus beralih ke keyboard mechanical. dan jika ingin saran keyboard mechanical silahkan baca artikel sebelumnya Oke lanjut

1. Build Quality Yang Bagus


Keyboard mechanical memiliki durability yang bagus, solid, dan tahan lama. Biasanya keyboard mechanical berbahan plastik namun ada juga yang berbahan metal maka tak heran keyboard mechanical ini terbilang cukup mahal. Karena harga tidak pernah berbohong.

2. Dapat Di Custom


Keyboard mechanical ini sangatlah mudah untuk di custom misalnya kamu ingin mengganti keycaps, Housing, Switch dan sebagainya. Intinya bagi kamu yang mudah bosan dengan keyboard biasa yang berwarna hitam polos sebaiknya kamu harus beralih ke keyboard mechanical dan juga dapat mempercantik setup kamu. 

3. Feel Ketikan 


Feel ketikan dari keyboard mechanical ini sangatlah nyaman dan bisa juga dipilih sesuai selera kamu. Setiap switch memiliki feelnya masing-masing jika merah : linear ( tidak berbunyi ), Biru ( Clicky, berisik, agak sedikit berat ), Brown ( Tactile, Tidak berbunyi,dan tidak clicky ) dan juga setiap switch mempunyai merk tertentu seperti Outemu, Kailh, gateron, greetech, dan cherry mx.

4. Mengurangi Resiko Terkena RSI


RSI adalah Repetitive Strain Injuries sebuah cedera yang disebabkan oleh orang yang terlalu banyak mengetik. cedera ini terjadi pada persendian akibat tegangan pada otot atau saraf. Resiko terkena penyakit ini akan berkurang jika kamu menggunakan keyboard mechanical dan mengetik dengan keyboard mechanical akan memberikan sensasi kenyamanan pada jari-jarimu sendiri.

5. Pembersihan Yang Mudah


Melakukan pembersihan pada keyboard mechanical sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan sebuah keycaps puller untuk mencabut keycaps lalu dibersihkan menggunakan kuas kecil atau kalau kamu ingin membersihkan bagian dalam switchnya, kamu hanya perlu mencabutnya dengan switch puller.

Jadi itulah alasan mengapa kamu harus beralih ke keyboard mechanical. Meskipun harga keyboard mechanical ini terbilang cukup mahal untuk pelajar seperti saya ini. Namun apa ada salahnya jika kita menabung dan membeli keyboard mechanical ini. Dan juga mendapatkan sebuah keyboard yang memiliki banyak kelebihan dibandingkan keyboard biasa pada umumnya.