Baterai Android Kamu Cepat Habis ? Lakukan Cara Ini



Halo semua selamat malam bagaimana nih kabarnya ? pasti baik-baik aja dong :v

Terkadang  banyak dari kita yang suka mengeluh mengapa baterai smartphone kamu cepat habis yang pastinya bisa bikin kamu jengkel dan kesal ya kan. Oleh karena itu artikel ini akan memberikan tips untuk kamu agar baterai smartphone kamu tetap awet dan tahan berjam-jam. Langsung saja simak yuk

1. Jangan menunggu baterai sampai habis



Ini adalah salah satu cara yang salah jangan sampai biarkan baterai androidmu habis total ini akan berpengaruh terhadap ketahanan baterai sehingga baterai kamu akan menjadi boros dan akan memperpendek umur baterai. Sebaiknya charger android ketika baterai tersisa 30%.

2. Jangan isi baterai ponsel ketika hp dalam keadaan panas.



Ketika hp kamu panas saat habis bermain game sebaiknya diamkan terlebih dahulu sampai suhu android benar-benar stabil/dingin. Karena menjaga suhu android tetap dingin akan membuat baterai kamu awet dan tidak akan cepat boros.

3. Isi baterai HP dalam keadaan mati



Dianjurkan untuk isi baterai hp android kamu dalam keadaan mati karena akan mempercepat pengisian baterai. Namun cara ini tidak akan berlaku jika android kamu mendukung fast charging.

4. Jangan mengisi baterai sampai penuh



Banyak dari kita yang mengisi baterai android sampai penuh. Namun ini adalah cara yang salah. Ini adalah alasannya ketika daya baterai mendekati kosong baterai Li-ion ini akan menarik arus secara konstan dan beroperasi pada tegangan rendah. Tegangan tersebut perlahan-lahan akan semakin bertambah ketika pengisian daya sedang berlangsung, lalu daya akan meningkat pada level 70% hingga kapasitas penuh. Yang terpenting tegangan rendah akan membuat usia baterai semakin panjang hal itu dikarenakan setiap penuruan 0.1 volt pada tegangan sel akan menggandakan siklus hidup daya baterai. Oleh karena itu ketika pengisian baterai sudah mencapai 80% atau 92% sebaiknya cabut dan tidak harus menunggu 100%

5. Lakukan kalibrasi baterai

 
Kalibrasi baterai android sebaiknya dilakukan jika baterai yang sebelumnya banyak tiba-tiba cepat habis, Daya baterai berubah-ubah, Saat pengisian indikator baterai menampilkan kadang masuk kadang tidak, dan hp android yang yang sering mati padahal baterai masih diatas 0%. Berikut adalah cara kalibrasi baterai :

1. Secara manual tanpa root
  • Habiskan baterai android kamu sampai 0%, ketika sudah habis langsung segera isi sampai penuh hingga 100%
  • Setelah baterai terisi penuh 100%, cabut charger dan nyalakan
  • Ketika dihidupkan baterai belum 100% lakukan pengisian lagi hingga 100%
  • Lakukan hal yang sama berulang-ulang lalu habiskan baterai hingga 0%
  • Setelah baterai habis diamkan smartphone sekitar 15 menit lalu lakukan pengisiaan hingga 100 %.
2. Menggunakan Aplikasi Greefiny 
  • Kamu bisa kalibrasi hp kamu menggunakan aplikasi greefiny dan menginstall aplikasi di google play store dengan syarat android kamu sudah dalam keadaan root
  • buka aplikasi greefiniy yang sudah di download izinkan SuperSU pilih allow 
  • lalu tekan tanda " + " pada aplikasi greefiniy yang ada di pojok kanan atas 
  • greefiniy akan membuat 3 kategori " running in background ", " Scheduled Running ", dan " May Slow Down The Device When ".
  • lalu pilih aplikasi yang ingin kamu kalibrasi dengan cara dengan cara menekan agak lama lalu pilih aplikasi lain, jika sudah pilih tanda centang yang berada di pojok kanan atas.