Mengenal Lebih Dekat Tentang Power Supply


Halo semua kembali lagi bersama Giery Bagas dan terima kasih sudah meng-klik artikel ini, selamat membaca.





Power Supply adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi memberikan/menyuplai tegangan langsung ke komponen komputer seperti motherboard,vga,ram,hardisk, dan lain-lain. Terkadang banyak juga yang binggung power supply yang bagus itu seperti apa ? jadi disini gw akan jelasin


1. Power Suppy memiliki beberapa konektor/kabel yang fungsinya itu berbeda-beda seperti : 

A. ATX Power Konektor ( 20 pin + 4 pin )


Konektor ini berfungsi menghubungkan power supply unit ke motherboard. Untuk versi lamanya adalah 20 pin dan untuk versi terbarunya adalah 24 pin.










B. AT Power Konektor 


Untuk konektor ini memilki 12 kabel yang terpisah menjadi 2 bagian. Bagian pertama adalah konektor P8 dan bagian kedua adalah P9. 







C. Sata Power Konektor


Sata power konektor ini dicolokan ke hardisk dan ssd.










D. Pin PCI-E Konektor 


Untuk konektor ini dicolokan ke bagian hardware VGA, konektor ini ada yang mempunyai 6 pin atau 8 pin, tapi untuk power supply tahun sekarang biasanya sudah menyediakan 2 pilihan konektor 6 pin dan 8 pin.







E. Konektor ATX 


Fungsi dari konektor ini adalah menyediakan tenaga tambahan yang jumlahnya sebesar 12V.







F. Mollex Konektor 


Molex konektor ini biasanya digunakan untuk fan tambahan, ergebeh dan lain lain.











2. Label 80 Plus Pada Power Supply 

Power Supply memiliki sertifikasi label 80 plus dan 80 plus ini bermacam-macam ada yang bronze, silver, gold, platinum, dan yang tertinggi titanium, lalu apa sih bedanya ? Bedanya adalah efisiensi daya pada power supply tersebut. Untuk mendapatkan sertifikasi 80 Plus ini, tentunya ada syarat-syarat yang harus dipenuhi, salah satunya adalah dengan diujinya itu pada saat rate load 20%, 50%, sampai 100%. Apabila saat diuji rate loadnya mencapai 80% dan seterusnya maka power supply layak mendapatkan label atau sertifikasi 80 plus ini, dan berikut adalah macam-macam sertifikasi 80 Plus :


A. 80 PLUS 


Untuk yang putih efisiensi dayanya mulai dari 80%.











B. 80 PLUS BRONZE


Untuk bronze memiliki efisiensi daya mulai dari 82% sampai 85%.


C. 80 PLUS SILVER 


Untuk yang silver efisiensi dayanya mulai dari 85% sampai 88%.











D. 80 PLUS GOLD 


Untuk yang gold efiensi nya mulai dari 87% sampai 90%.











E. 80 PLUS PLATINUM


Kalau yang platinum ini memiliki efisiensi daya mulai dari 90% sampai 92%.












F. 80 PLUS TITANIUM


Untuk yang paling tertinggi adalah 80 plus titanium, memiliki efisensi daya mulai dari 92% sampai 94%.










Nb : ini mohon maaf jika ada kesalahan dari efiensi % dayanya tolong dikoreksi, dikarenakan gw juga gak begitu tau tentang detailnya, dan juga waktu gw cari di beberapa sumber, informasi efisiensi dayanya berbeda yang pasti kisaran nya gak jauh dari yang gw sebutin diatas.

Power Supply yang mempunyai sertifikasi 80 plus ini berarti bagus dong ? 
terkadang pertanyaan ini suka muncul untuk yang baru mau membeli power supply.


sebenarnya gw juga gak bisa bilang " Iya " karena efisiensi daya ini menurut gw pribadi adalah kemampuan dari si power supply tersebut, selebihnya yang menjadi faktor power supply tersebut bagus atau tidak adalah build quality nya, dan kualitas komponen didalamnya. Seperti build qualitynya bagaimana ?, kapasitornya pakai apa ?, materialnya bagaimana ?, dan juga build quality yang bagus belum tentu performa power supply tersebut bagus. Tapi biasanya build quality yang bagus itu sudah mempunyai sertifikasi 80 plus. Tapi kadang ada juga loh power supply build quality yang jelek sudah memiliki sertifikasi 80 plus 
karena untuk mendapatkan label 80 plus ini bukan ditentukan ini materialnya bagaimana ?, regulator dayanya pake apa ?, kapasitornya bagaimana ?, jadi semakin bagus komponen yang dipakai pada power supply tersebut maka umur dari power supply ini akan panjang, meskipun masalah umur hanya maha kuasa yang diatas yang tahu, misalkan kita membeli power supply yang bermerk, label 80 plus titanium tapi dipakai sehari, 2 hari sudah rusak ?, 

Seperti yang gw bilang pada artikel sebelumnya power supply itu seperti jantung dalam tubuh kita, memang penting tapi sering dispelekan sama orang. Banyak orang yang lebih mementingkan komponen yang heboh tetapi memakai power supply seadanya. padahal menurut gw pribadi beli power supply itu gak masalah mahal mau sampai 1 juta atau 2 juta tapi sekali pake dan kedepannya gak perlu upgrade-upgrade lagi. 

Jadi saran dari gw saat mau rakit komputer sebaiknya budget rakit pc sama beli psu itu pisahin, mau itu 1 juta atau 2 juta itu terserah, carilah psu dengan kapasitas yang lega misalnya 500W atau 600W mungkin sudah cukup, lalu sisanya lu cari yang merk nya itu sudah terkenal dalam hal dunia komponen komputer, build qualitynya, dan fitur. Fitur-fitur dari psu ini hanya modular dan non modular itu semua jadi pilihan lu. 

Oke sekian dari pembahasan mengenai power supply ini, kalau kalian ada pertanyaan atau masih binggung langsung aja komen dibawah insyallah gw pasti jawab kok. Terima kasih juga telah membaca artikel ini semoga bermanfaat bagi kamu semua dan sampai jumpa di artikel yang berbeda.