Mediatek atau Snapdragon ? Mending yang mana ?






Halo semua selamat malam balik lagi nih sama Giery Bagas.
Pada artikel kali ini saya akan membahas mending pilih mediatek atau snapdragon ? banyak yang bilang jika HP android yang memakai prosesor snapdragon berarti itu HP untuk gaming. Menurut saya ini pertanyaan yang tidak masuk akal dan tergantung snapdragon apa yang digunakan di HP tersebut dan tidak selamanya HP yang memakai Mediatek itu jelek. Oke langsung saja simak baik baik 

1. Mediatek 




Mediatek berasal dari perusahaan asal taiwan dan prosesor ini yang meluncurkan pertama kali chipset " Octa Core ". Mediatek ini banyak ditemukan pada HP kelas menengah/dengan harga yang murah.
Mediatek sendiri adalah salah satu saingan prosesor snapdragon dikarenakan memiliki spesifikasi yang seimbang. Seperti prosesor mediatek terbaru yaitu " Mediatek P80 " Dirancang dengan prosesor powerfull, efisien, dan berteknologi AI. Menggunakan teknologi finFET 12 nm sama seperti seri pendahulunya yaitu " P70 ". helio P90 ini memiliki 8 core dan 4 core dengan arsitek Armcortex A75 serta beberapa fitur terbaru seperti face unlock, photo noise reduction, realtime photo, dan video efek. Prosesor ini termasuk salah satu prosesor buatan mediatek yang high end untuk sekarang.


2. Snapdragon 



Snapdragon adalah prosesor buatan qualcomm itu sendiri. yang katanya prosesor ini adalah prosesor terbaik. Untuk saat ini snapdragon mengeluarkan prosesor terbarunya yaitu " Snapdragon 8150 " dengan spesifikasi yakni memiliki konfigurasi core yang unik maksudnya 1+3+3 yang terbagi menjadi 1 core peforma tinggi, 3 peforma menengah, dan 4 core hemat daya baterai serta berkecepatan 1,8GHz dan diambil dengan Arm cortex A75 dan seperti itu spesifikasi singkatnya kalian bisa lihat selengkapnya di GSMArena.


Lalu bagaimana jika kita sekalian membandingkan antara Mediatek P80 vs Snapdragon 8150 dan ini adalah daftar peringkatnya.





Ini adalah perbandingan dari hasil kedua prosesor tersebut. Snapdragon 8150 berhasil menduduki posisi pertama dengan skor "22082" sementara prosesor mediatek p80 menduduki peringkat ke-2 dengan skor "19453".

Jadi kesimpulan nya saya akui bahwa snapdragon adalah prosesor terbaik untuk saat ini. Tapi bukan berarti mediatek itu jelek justru Mediatek ini tetap bagus karena menciptakan prosesor dengan harga terjangkau namun performa bisa diadu.

Terima kasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat bagi kamu semua dan sampai jumpa di artikel yang berbeda.