Pasang TWRP pada android ? pentingkah ?



Hai semua selamat siang pada artikel ini sesuai janji saya pada artikel sebelumnya saya akan membuat artikel tentang pembahasan TWRP pada android. Mungkin banyak yang terkadang suka bertanya TWRP itu buat apa ? kok banyak orang yang mau pasang TWRP di android mereka gak takut rusak ? Oke langsung saja simak baik baik.

Apa itu TWRP ? TWRP adalah singkatan dari " Team Win Recovery Project " yang berfungsi untuk mengubah sistem android kalian. Contoh misalnya kalian mempunyai hp xiaomi nah xiaomi ini kan sudah punya stock rom buatannya sendiri yaitu MIUI jadi dengan TWRP ini kalian bisa mengubah sistem android tersebut seperti cyanogenmod, dan lineage os dan itu mengubah semua tampilan, UI serta versi android ya intinya hp xiaomi kalian bukan lagi memakai MIUI jadi gak bakal ada tuh tema MIUI.

Dan juga fungsi TWRP ini bukan hanya sekedar pasang cusrom saja kalian juga bisa menggunakan nya untuk root hp android kalian menggunakan magisk atau SuperSU, pasang xposed, dan lain lain intinya banyak sekali kegunaan nya .

Lalu kenapa banyak sekali orang yang seneng pakai cusrom ketimbang stock rom buatan sendiri sebenarnya jawabannya cukup simpel dikarenakan custom rom itu memiliki banyak fitur ketimbang stock rom itu sendiri misalnya di hp android kalian memakai stock rom dan tidak ada fitur face unlock lalu kalian memakai cusrom maka android kalian bisa saja support fitur tersebut ya seperti itulah dan juga jika android kalian mengalami bootloop kalian tidak perlu binggung kalian hanya tinggal install cusrom lalu install di TWRP intinya banyak sekali menfaat TWRP ini.

Lalu apa sih kekurangan dari pasang TWRP ini ?
kekurangan nya ya sudah jelas garansi kamu akan hangus jadi mau gak mau kamu harus service di konter konter dan tidak bisa service di tempat resmi dan juga kalian jangan terlalu sering gonta ganti cusrom karena bisa merusak EMMC kamu dan itu termasuk hardware/komponen si android intinya EMMC ini sangat mahal harganya saya sarankan jangan terlalu sering-sering ganti cusrom atau kalo mau aman ganti cusrom 1x saja.

Jadi pasang TWRP itu perlu tidak ?
sebenarnya pertanyaan ini saya tidak bisa bilang " iya " juga karena itu semua tergantung kebutuhan kamu. saya pribadi sendiri HP nya memasang TWRP ini dikarenakan saya tipe orang yang mudah bosan dengan tampilan android yang begitu begitu saja karena itu saya memasang cusrom pada HP saya mengganti font, root dan lain lain. Tetapi jika kamu tipe orang yang menggunakan hp hanya untuk sekedar browsing, bermain media sosial, dan main game. Saya rasa itu tidak perlu dan sebaiknya tidak usah.

Jadi itulah pembahasan tentang TWRP ini jika kalian ada pertanyaan silahkan komen dibawah dan jika kalian mempunyai saran, kritik silahkan komen dibawah. Terima kasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat bagi kamu semua dan sampai jumpa di artikel yang berbeda.