Ciri-Ciri Kerusakan Baterai CMOS Pada Motherboard



Halo semua selamat malam jumpa lagi dengan Blog Giery Bagas
Pada artikel kali ini saya akan membahas sedikit penjelasan ciri ciri baterai cmos yang sudah rusak/lemah. Apa sih itu baterai CMOS ? jadi baterai cmos itu sebuah baterai yang terletak pada motherboard kalian yang digunakan di bios mobo kalian agar tetap aktif. Apa itu BIOS ? Bios ialah sebuah firmware yang berfungsi untuk load sistem operasi pada komputer kamu, jika mobo tidak mempunyai bios komputer kamu tidak akan berfungsi semestinya dan ini adalah contoh bios motherboard gigabyte :


Oke lanjut ke Fungsi Baterai CMOS :

Fungsi baterai CMOS ini ialah untuk mengatur jam,hari,tanggal,tahun dan lain lain intinya banyak sekali manfaatnya ini adalah contoh gambarnya : 



Jadi berikut adalah ciri ciri baterai cmos mobo kamu sudah habis/rusak.

1. Tanggal,tahun,hari tidak akan bekerja jadi kalian tidak akan bisa mengatur defaultnya lewat bios 

2. Komputer akan sering restart sendiri dan anda akan diarahkan untuk masuk bios. Ini menandakan 
    bahwa baterai cmos sudah lemah dan tidak bisa menjalankan sistem operasi

3. Ketika dinyalakan kembali komputer akan terus booting dan tidak masuk windows

4. Komputer yang tiba tiba black screen.

Kesimpulan

Saat komputer kamu sudah terjadi tanda-tanda yang diatas ada sebaiknya segera lah ganti baterai cmos pada motherboard kamu. Baterai cmos harganya sekitar 10 ribu sampai 5 ribu kamu bisa membelinya di situs belanja online seperti tokopedia,bukalapak dan sebagainya.

Sekian dari saya pembahasan mengenai baterai cmos ini. Jika kalian ada pertanyaan seputar komputer langsung saja komen dibawah, dan terima kasih juga telah membaca artikel ini semoga bermanfaat bagi kamu semua, sampai jumpa di artikel selanjutnya.