Cara membuat halaman yang berbeda pada laporan pkl, makalah, skripsi dan sebagainya.


Oke disini saya sudah menyiapkan laporan yang belum saya beri halaman jadi tolong perhatikan dengan baik karena cara ini agak rumit namun hasilnya akan memuaskan :v oke lanjut 

  • Cara pertama kalian harus membuat header atau footer terlebih dahulu. Bagaimana cara membuatnya ? caranya kalian klik kanan pada mouse dibagian paling atas, atau klik 2x pada bagian atas terserah kalian mau pakai cara yang mana lalu untuk membuatnya menjadi footer kalian tinggal klik footer yang berada di atas dan ini adalah gambarnya :

  • Sebaiknya pahami dulu cara diatas agar tutorial kedepannya lebih mudah, kalian pahami dulu header atau footer jika kalian sudah paham silahkan lanjut 
  • Dikarenakan Halaman 1 saya tidak mau dikasih nomor maka saya harus membuat section 2 bagaimana cara membuat section 2 caranya kalian klik halaman 2 lalu pergi ke menu layout lalu cari menu breaks lalu pilih next page maka hasilnya kalian akan membuat section 1 dan 2 untuk apa sih section 1 dan 2 ? jika kalian tidak membuat section 1 dan 2 maka urutan angka itu semua akan sama jadinya kalian tidak akan bisa memindahkan posisi huruf dibawah atau diatas begitu jika masih binggung maksud saya silahkan lihat gambar dibawah ini : 




  • Nah jika sudah maka hasilnya akan seperti pada gambar dibawah ini  dan jangan lupa hilangkan same to previous pada header dan footer di section 2 dengan cara klik link to previous





  •  Lalu kita tinggal memberi nomor halaman tersebut dengan cara klik header pilih bagian page number dikarenakan saya ingin memberi nomornya dibawah bagian tengah dengan angka romawi maka saya pilih bottom of page nah lalu saya akan memberi formatnya angka romawi dengan cara pilih page number dimulai dari angka no. i jika sudah maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini :



 Nah seperti itulah tutorialnya jika kalian masih binggung silahkan komen dibawah atau silahkan kirimkan pesan via email dan terima kasih telah membaca artikel ini :v