Cara Mudah Memastikan Kesehatan Hardisk Komputer & Laptop


Halo semua kembali lagi bersama Giery Bagas, terima kasih sudah mengklik artikel ini dan selamat membaca.



Hardisk adalah sebuah perangkat keras untuk laptop/komputer yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen, dan juga dengan hardisk ini kamu dapat memproses data. Jadi peran hardisk ini sangat penting bro, maka dari itu kamu juga diwajibkan memeriksa kesehatan si hardisk. Oleh karena itu saya akan memberikan cara memeriksa kesehatan hardisk, simak baik-baik ya.



1. Kamu harus menyiapkan sebuah software untuk memeriksa kesehatan hardisk nama softwarenya adalah "Hardisk Sentinel " dan sudah terinstall, kalau belum punya kamu bisa mendownload software nya secara gratis link nya ada Disini
    
   cara menginstall nya :

  • Nonaktifkan antivirus dan koneksi internet
  • Install hardisk sentinel pro nya dan tunggu sampai selesai
  • Setelah selesai tutup hardisk sentinel nya
  • Copy file patch yang sudah disediakan dan pindahkan ke folder instalasi
  • Setelah dipindahkan jalankan file patch dengan cara klik run as administrator
  • Selesai


2. Jika sudah selesai menginstall buka hardisk sentinel nya



3. Jika sudah membuka maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini :


Seperti yang kamu lihat persentasi hardisk saya masih 100%, yang berarti kesehatan hardisk saya masih bagus dan masih layak untuk dipakai 

4. Setelah itu periksa suhu/temperature si hardisk 



5. Periksa performa dari si hardisk 


Kesimpulan

Saat sudah diperiksa dan ternyata hardisk kamu persentasi nya sudah menurun, entah itu 99/98% , suhu hardisk yang panas/tidak stabil, atau performa kecepatan membaca nya menjadi lambat. Saran saya sebaiknya kamu harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli hardisk baru, kalau perlu sekalian upgrade ke SSD agar performa pc kamu juga semakin kenceng.


Jadi sekian tutorial Cara Mudah Memastikan Kesehatan Hardisk Komputer & Laptop  yang bisa saya sampaikan pada hari ini, kalau kalian ada pertanyaan mengenai hardisk,ssd langsung aja berkomentar dibawah, insyaallah pasti saya jawab kok, terima kasih juga nih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat bagi kamu semua dan sampai jumpa di artikel yang berbeda.