Pertama Kali Nyobain SSD


Halo semua kembali lagi bersama Giery Bagas, terima kasih sudah mau mengklik artikel ini, dan selamat membaca.






Pada kali ini saya akan membuat artikel mengenai kesan saya memakai SSD V-Gen SATA dan juga SSD akan saya test untuk menginstall windows 10 dan di test kecepatannya. Jadi oke langsung saja tanpa banyak basa-basi


Ini adalah SSD V-Gen yang saya beli di online store seharga 500-ribu, packing nya cukup simpel kok cuma pake bahan kertas, dan gak ada kesan mewahnya sedikitpun


Setelah saya buka ternyata isinya hanya 1 buah SSD V-Gen kapasitas 240 GB, gak ada buku panduan, kartu garansi dan sebagainya, tapi waktu saya liat di kotaknya ternyata SSD ini kasih garansi yang berlaku sampai 3 tahun. Saya juga gak begitu tau tentang prosedur klaim garansinya bila sewaktu-waktu SSD ini ada kendala, karena saya sendiri juga baru pertama kali memakai SSD ini tapi semoga aja sih gak ada kendala/kerusakan untuk dipakai dalam pemakaian jangka panjang




Jadi saya langsung memasang SSD ini ke komputer saya, menginstall windows 10, dan membuat menjadikan sistem operasi windows nya di SSD, menginstall software, game agar lebih cepat dalam menjalankannya. Sedangkan untuk hardisknya hanya akan menjadi penyimpanan tambahan. Dan juga kali ini saya tidak akan membuat tutorial install windows, yang pastinya kalian sudah banyak yang tahu





Ini adalah tampilan desktop saya setelah sukses menginstall windows 10 di SSD, yang sudah saya settings serta sudah menginstall driver-driver


Akan lebih menarik, saya mencoba test kecepatan membaca dan menulis SSD ini, menggunakan software CrsytalDiskMark. Kecepatan membacanya hanya sampai 406.9 MB/s, sedangkan untuk kecepatan menulisnya hanya sampai 401.3 MB/s

Jadi beli SSD di tahun 2019 worth it gak ?
Ya jawabannya tentu saja worth it, karena memakai SSD ini pc saya booting windows hanya membutuhkan waktu 7-5 detik, berbeda dengan hardisk membutuhkan sampai 15-20 detik. tetapi bukan berarti hardisk ini jelek, saya juga masih memakai hardisk tetapi hanya untuk penyimpanan tambahan, untuk sistem windows nya saya gunakan SSD. 

Oke segini dulu tentang kesan pertama saya memakai SSD, kalau kalian ada pertanyaan seputar SSD dan Hardisk langsung aja komen dibawah, insyallah saya jawab kok. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kamu, jika artikel ini bermanfaat, serta bisa memberikan saya semangat lagi untuk membuat artikel seputar teknologi. Terakhir nama saya Giery dan sampai jumpa di artikel yang berbeda.